12 Panduan Memilih Kamera DSLR: Temukan Kamera DSLR Terbaikmu!


Sebelum memutuskan untuk membeli kamera dslr pastikan anda untuk memahami betul perbedaan kamera slr dan dslr, perbedaan kamera dslr dan kamera pocket, perbedaan kamera dslr dan kamera prosummer. Membeli kamera dslr untuk pemula perlu mempertimbangkan beberapa hal agar apa yang anda lakukan tidak menjadi sia-sia. Dan inilah tips memilih kamera dslr untuk pemula yang bisa saya sampaikan.

1.Pahami Karakteristik Kamera DSLR
Kamera dslr memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan berbagai macam kamera lainya seperti kamera pocket, kamera prosummer, kamera mirrorless dan lain-lain. Karakteristik kamera dslr yang paling menonjol adalah :
  • Lensa kamera dapat di ganti sesuai kebutuhan
  • Autofokus yang lebih cepat
  • Resolusi tinggi sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik, bahhkan dalam kondisi yang kurang cahaya sekalipun
Akan tetapi kamera dslr juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum anda memutuskan untuk membeli kamera dslr terbaik yang cocok bagi anda. Dengan ukuranya yang relatif lebih besar membuat kamera dslr menjadi tidak mudah untuk dibawa kemana-mana. Dan yang perlu diperhatikan bahwa mengambil gambar menggunakan kamera dslr tidak semudah mengambil gambar menggunakan kamera lainya.Jika anda benar-benar seorang pemula, anda perlu meluangkan banyak waktu untuk mengambil belajar gambar dengan kamera DSLR


2.Cari informasi review dan perbandingan kamera dslr
Dengan membaca beberapa reivew kamera dslr dari toko online camera digital anda akan memperoleh banyak informasi kamera dslr yang sedang jadi incaran. Anda juga perlu mencari informasi perbandingan kamera dslr terbaik yang ada dipasaran, misal perbandingan kamera dslr Nikon vs kamera dslr Canon.

3. Jangan Fokus Pada Satu Merk
Saat pertama kali memilih kamera dslr terbaik yang ingin dibeli, pastikan anda lebih obyektif atas berbagai informasi yang diperoleh dari hasil riset. Anda tidak perlu terlalu fokus pada satu merk kamera dslr saja. Terutama jika membuat anda menjadi terjebak pada pilihan merk kamera dslr yang paling baik.Mana yang paling baik, canon, nikon, sony atau pentax?. Anda hanya perlu fokus pada fitur yang disediakan dan memudahkan bagi pengguna dslr pemula.

4.Pilih Satu Merk Untuk Seterusnya
Harga kamera dslr tidak bisa dibilang murah, oleh karena itu anda juga harus memikirkan hal ini sebagai sebuah investasi.Setelah memutuskan untuk membeli kamera dslr maka dikemudian hari anda akan membeli berbagai macam lensa sesuai kebutuhan. Jika dikemudian hari anda menganti kamera dslr yang lama dengan seri yang terbaru maka lensa-lensa ini nantinya hanya dapat dipergunakan jika kamera yang dibeli berasal dari merk yang sama. Misalkan anda memutuskan untuk memilih kamera dslr canon menjadi yang terbaik dan paling cocok bagi anda maka dikemudian hari anda tidak bisa mengganti lensa kamera dslr canon dengan lensa kamera dslr merk lain.

5.Layanan Service Center
Anda harus memastikan bahwa kamera dslr terbaik yang dipilih memiliki jaringan layanan service yang luas dan memuaskan. Anda tentu tidak ingin membeli kamera dslr terbaik dengan harga jutaan rupiah lalu ketika ada masalah dengan kamera tersebut anda harus pergi keluar kota untuk menuju service centernya. Atau anda harus merasakan dipingpong kesana kemari.

6.Sensor Kamera
Anda perlu mengetahui beberapa kategori sensor kamera yang umumnya terbagi dalam 3 ukuran, yaitu fullframe, APS-C dan Four-Thirds. Sensor  full frame adalah sensor kamera DSLR yang menggunakan ukuran sama dengan ukuran film analog. Apa yang anda lihat di viewfinder, maka seperti itulah hasil fotonya. Untuk sensor APS-C dengan harga yang lebih murah dan ringan ini memiliki ukuran sensor yang lebih kecil sehingga ada bagian foto yang terpotong. Sedangkan sensor yang sedang nge-trend saat ini, Four-Third memiliki sensor yang paling kecil dibandingkan yang lain. Karena paling kecil, body sensor ini akan lebih ringan jika dibawa tanpa banyak mengurangi kualitas gambar.
  • Contoh sensor full frame: Canon 5D mark III, Nikon D600, Nikon D700, Nikon D800, Nikon D4, Sony A99.
  • Contoh sensor crop sensor APS-C: Canon 600D/650D/60D/7D, Nikon D3000/D3200/D90/D7000, Sony A390, Sony SLT A37/A57.
  • Contoh sensor Four-Thirds: Canon EOS-M, Fuji XE-1, Nikon J1/V1, Olympus EPL/EPM/EP, Panasonic GF, Sony NEX.
7.Resolusi Kamera
Sebelum membeli kamera dslr, sebaiknya anda mengetahui tujuan anda membeli kamera dslr ini. Apakah hasil pemotretan anda akan dicetak dengan ukuran besar. Jika ya, sangat disarankan membeli kamera dslr untuk pemula dengan resolusi kamera yang besar. Resolusi adalah tingkat kerapatan titik-titik untuk membentuk foto. Jadi dengan resolusi yang besar maka foto anda tidak akan pecah jika dicetak dalam ukuran besar.

8.ISO
Fitur yang satu ini menjadi sangat penting bagi para pemula dalam memilih kamera dsrl. ISO akan dibutuhkan jika memotret dalam kondisi gelap atau cahaya yang minim. ISO berkaitan dengan sensitivitas sensor terhadap cahaya. Semakin besar ISO di settingan kamera maka akan semakin sensitif dan besar cahaya yang didapatkan.

9.Shutter Speed
Jika anda suka menonton pertandingan olahraga secara langsung atau mungkin menonton konser penyanyi kesayangan maka anda perlu memperhatikan fitur ini. Kamera dslr pemula akan lebih unggul daripada kamera saku dari segi shutter speed. Dan jangan lupa untuk terus mempelajari teknik dalam memilih shutter speed yang tepat.

10. Image Stabilization
Biasanya, sebagai pemula dalam dunia fotografi, anda akan merasakan kaku pada tangan dan berefek pada hasil foto. Sebelum memilih kamera dslr untuk pemula, sebaiknya perhatikan fitur image stabilization atau sistem anti goyang. Hal ini akan mengurangi efek yang bergoyang.

11. Auto Focus
Kecepatan kamera dalam menangkap sebuah moment dengan cahaya yang minim menjadi salah satu keunggulan kamera dslr daripada kamera smartphone atau kamera saku. Carilah info yang bisa melakukan autofokus cepat dan memiliki titik AF yang banyak sebelum membeli kamera DSLR untuk pemula.

 12.Budget
Harga kamera DSLR jauh diatas harga kamera lainya, terlebih jika anda memutuskan untuk memilih kamera DSLR terbaik yang ada dipasaran semisal kamera dslr canon atau kamera dslr nikon.Harga kamera dslr termurah berada pada kisaran 5 juta. Oleh karena itu anda perlu menyesuaikan kebutuhan anda dengan budget yang dimiliki. Anda juga perlu memperhatikan antara kebutuhan dan keinginan. Sehingga keputusan membeli kamera dslr yang terbaik tidak menimbulkan efek negatif terhadap finansial anda.

Harga kamera dslr

Harga kamera DSLR untuk pemula 2014:
CANON 1100d + 18-55is         Rp 4.395.000
NIKON D3100 + lens 18-55 VR Rp5.075.000
SONY SLT A58 + lens 18-55mm + 8g + tas + batt cad Rp5.375.000
NIKON    D3200 + lens 18-55 VR      Rp5.725.000
CANON    600d + 18-55mm IS + 8g            Rp5.995.000
Pilihan kamera Four-Thirds / Mirrorless:
CANON EOS-M + EF-M 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM Rp4.995.000
NIKON    J2 + 10-30mm VR + 30-110mm VR    Rp5.895.000
OLYMPUS    EPM 2 + 14-42mm   Rp6.045.000
PENTAX Q10 + 5-15mm + 8GB    Rp4.600.000
SAMSUNG NX 1000 + Lens 20-50mm Rp4.850.000
SONY Alpha 3000 + 18-55m m Rp4.395.000

Selamat berburu kamera dslr dengan 12 Panduan Memilih Kamera DSLR: Temukan Kamera DSLR Terbaikmu!

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment